Istilah-istilah dalam investasi properti (1)

June 14, 2009

Istilah-istilah yang sering digunakan dalam investasi properti banyak diambil dari bahasa asing, antara lain sebagai berikut:
Booming: kondisi pada saat tertentu ketika di suatu daerah terjadi peningkatan kegiatan investasi.
Cluster: kelompok bangunan yang dibentuk oleh pengembang dengan membagi sebuah site plan kawasan properti menjadi beberapa bagian dengan tujuan utama untuk segmentasi bangunan berdasarkan tipe dan luasan.
Demand: tingkat permintaan yang menggambarkan besarnya permintaan masyarakat terhadap objek properti.
Good investment: pengambilan sebuah keputusan yang tepat dalam sebuah investasi sehingga dikatakan sebagai sebuah investasi yang baik.
Loss transaction: jumlah dalam nominal mata uang yang hilang pada saat melakukan transaksi investasi yang tidak terlihat secara kasat mata, misalnya jumlah prosentase yang harus dibayarkan kepada seorang broker sa at pembelian sebuah properti, jumlah PPh yang dikeluarkan, dan lain-lain.
Nice property: properti yang dinilai bagus dilihat dari berbagai sisi, baik menyangkut lokasi, ukuran, dan kondisi bangunannya.
Property crash: kondisi pada saat aktivitas investasi mengalami goncangan karena goyahnya perekonomian
di suatu negara.
Prosperous: prospek; kondisi pada sa at tertentu yang terjadi di suatu daerah ketika dinilai sebagai sebuah daerah yang potensial untuk dijadikan sebagai objek investasi.
Recession: resesi; kondisi pada saat tertentu ketika di suatu daerah terjadi penurunan daya beli masyarakat.
Site plan: rencana tapak; gambar dua dimensi yang menunjukkan detail dari rencana yang akan dilakukan terhadap sebuah kaveling tanah, baik menyangkut rencana jalan; utilitas air bersih, Iistrik, dan air kotor; fasilitas umum dan fasilitas sosial; serta cluster-cluster yang direncanakan.
Supply: penyaluran; pengadaan; suatu istilah ekonomi yang menunjukkan besarnya tingkat penyaluran objek properti.
Turn over: balik modal; impas; suatu istilah ekonomi yang biasa digunakan untuk menggambarkan waktu balik modal dari sebuah investasi.
Turn-key: tukar kunci; waktu penyerahan kunci rumah dari pengembang atau kontraktor kepada pemilik.
Urban: Daerah perkotaan.
Wait and see: menunggu dan melihat; suatu istilah yang lebih cenderung merupakan strategi tindakan untuk diam dan mengamati sambil menunggu saat yang tepat memulai tindakan berikutnya.

Incoming search terms:

  • istilah dalam properti
  • ISTILAH JUAL BELI RUMAH
  • Istilah-istilah dalam properti
  • istilah-istilah properti
  • istilah dalam investasi
  • istilah-istilah investasi
  • istilah property tentang skala jalan raya
  • istilah istilah diproperty